Prof. Jufrizal Luncurkan Buku Konstruksi Bahasa Minangkabau

Dosen Prodi Ilmu Keguruan Bahasa FBS Universitas Negeri Padang Prof. Jufrizal, bersama Dr. Zul Amri, dan Havid Ardi, M.Hum. kembali meluncurkan karya buku yang merupakan hasil penelitian berjudul Konstruksi Gramatikal Bahasa Minangkabau: Kemasan makna, fungsi, dan nilai bahasa. Buku dengan ISBN 978-602-5715-01-3 ini diterbitkan oleh Erhaka Utama yang berbasis di Yogyakarta ini beredar April 2018.

Buku ini, yang diracik-kembangkan dari hasil penelitian linguistik lapangan yang dibiayai oleh DRPM Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia selama dua tahun (2016-2017), dengan skema Penelitian Berbasis Kompetensi, membahas perihal keberhubungan antara bentuk bahasa dengan makna, fungsi, dan nilai bahasa dengan menjadikan Bahasa Minangkabau sebagai sumber data dan informasi kebahasaaanya.

Buku hasil penelitian hibah kompetensi ini menekankan bahwa analisis bahasa perlu dimulai dari tataran bentuk (konstruksi gramatikal)-nya dan dilanjutkan kepada analisis tatamakna gramatikal-semantis, fungsi komunikatif, dan nilai sosial-budayanya.

Buku diharapkan dapat membuka cakrawala baru bagi ilmuwan, peneliti, dan pemerhati bahasa untuk dapat menyelidiki dan mengungkapkan hakikat bahasa secara tuntas dan berterima. Untuk pembelian buku dapat menghubungi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris atau Prodi S3 Ilmu Keguruan Bahasa FBS UNP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *